Merancang Taman Minimalis Belakang Rumah

Taman minimalis belakang rumah bukan lagi gaya baru dalam rancangan rumah modern. Rancangan minimalis yang popular pada dekade 1990-an mulai memberi pesan khusus untuk para perancang untuk menyesuaikan kepentingan banyak keluarga tentang relaksasi dan jam-jam produktivitasnya. Anak-anak menggunakan taman belakang rumah untuk bermain dengan mobil-mobilan atau tanaman kaktus mereka, orang tua bisa menghabiskan berjam-jam pada sore hari dengan sekadar menikmati angin atau mungkin mendengar deru air kecil dari pancuran atau sungai yang jernih.

Konsep minimalis menawarkan penyesuaian pada sempitnya lahan. Meski di beberapa kasus minimalis tak melulu terjadi pada lahan sempit, optimasi lahan sempit tetap jadi daya tarik cerdas bagi para perancang. Sementara sebuah keluarga menyukai tanah berumputnya di belakang rumah bisa bermanfaat secara optimal, konsep minimalis menawarkan solusi perencanaan yang sederhana. Konsep taman minimalis belakang rumah bisa berarti pohon-pohon berukuran kecil dan berjumlah tak lebih dari dua, ditaruh di pojok dekat dinding pembatas atau saluran pembuangan. Tetap ada lahan rumput dan pijakan rustic sebagaimana biasa dijumpai pada banyak resort.

Untuk sebuah keluarga sedang dengan dua atau tiga anak, konsep hidup produktif biasanya lebih mudah dipahami. Ayah bekerja delapan jam sehari di luar rumah sementara bunda biasanya akrab dengan empat jam pekerjaan dapur, dua jam pekerjaan bersih rumah dan sisanya waktu santai dengan diri sendiri atau anak-anak. Untuk jam-jam produktif biasanya taman minimalis belakang rumah menunggu, sementara pada jam-jam rileks fungsinya langsung termanfaatkan sebagai bagian paling santai dari semua rumah selain tempat tidur utama pada malam hari. Kebanyakan perancang modern membuat desain taman minimalis belakang rumah dengan menyesuaikan kebutuhan jam produktif ini. Tanaman dan pancuran air dibuat cocok untuk kesan rileks di sore hari dan bisa memberikan udara sejuk ke dalam rumah pada siang hari di jam-jam produktif.

Sejak keberadaan taman minimalis belakang rumah menjadi prioritas penting dalam perancangan rumah hunian modern, nilai jualnya ikut meningkat. Di beberapa kelompok perancang ini dimasukkan sebagai pokok rancangan lansekap yang memerlukan perhitungan teliti, terutama terkait sirkulasi limbah dan pengaruh psikologis lainnya. Bahkan beberapa kantor yang dirancang dalam bentuk kontemporer tak luput memasukkan bagian ini dalam penawaran bernilai mereka untuk para pengunjung dan pelanggan. Nilai humanisme dari sebuah taman masih berharga seperti dulu, selama fungsinya teroptimalkan.

Taman Minimalis Belakang Rumah dan Tantangan Perancangan
Bukan tanpa tantangan, pengembangan kualitas ruangan huni pada beberapa bagian rumah memaksa para perancang untuk mengeluarkan biaya lebih. Dibutuhkan rencana-rencana B dan C untuk memastikan bahwa jika terjadi perubahan tiba-tiba pada kebutuhan perancangan, denah bisa berubah dan taman minimalis belakang rumah bisa tetap dibuat dengan penyesuaian di sana-sini. Studi AMDAL biasanya tak memberi banyak ruang untuk taman santai dengan aksen minimalis di atas rumput atau tanah berbukit.

Untuk beberapa contoh taman minimalis belakang rumah yang berhasil dibangun dan berfungsi, sering kali terdapat beberapa pengorbanan kecil di bagian rumah kecil. Dengan desain minimalis dan memanfaatkan lahan terbatas, rumah biasanya memiliki fungsi ganda sebagai tempat tinggal dan sebagai bangunan bertumbuh, dapat digubah dengan menyesuaikan kebutuhan halaman, atau sebaliknya. Setiap perubahan interim selama proses pembangunan dan pemakaian sering kali mengorbankan taman minimalis belakang rumah sebagai bagian terkoreksi.

Taman Minimalis Belakang Rumah dan Prospek Perumahan
Bisnis properti yang mendapatkan ruang geraknya selepas krisis 1998 di Asia tenggara dan 2008 di Amerika utara membuka prospek baru bagi banyak tipe rumah dan bagiannya. Rumah minimalis dan kontemporer naik daun sebagai favorit para pengembang yang merespon permintaan banyak keluarga kelas tengah yang dinamis. Hasilnya, bahkan rancangan detil dari sebuah taman minimalis belakang rumah bisa memengaruhi keputusan pembeli.

Untuk rumah-rumah bergaya kontemporer maupun klasik, keberadaan taman belakang rumah seperti kebutuhan ruang gerak kaki untuk kursi atau kamar mandi yang bersih dan nyaman untuk ruang tidur. Sementara pada spesifikasinya yang beragam, taman minimalis belakang rumah bisa menguras biaya lebih sebegaimana mahalnya perancangan sekat baru berbahan paket atau kaca.

No Comments, Be The First!

Your email address will not be published.